Home » Page »

Loading Events

« All Events

  • This event has passed.

15 Tahun Jaringan Islam Liberal

March 31 @ 7:00 pm - April 1 @ 6:00 pm

Religiusitas
HUT JIL
Jaringan Islam Liberal akan merayakan ulang tahun yang ke-15. Perayaan ini akan ditandai dengan dua acara, yakni diskusi: “Religiusitas di Dunia Internet” bersama Hasanudin Abdurakhman dan Ulil Abshar Abdalla. Serta Pidato Kebudayaan oleh Ade Armando dengan tema: “Agama Ideal di Masa Depan”.
Di masyarakat di mana agama memiliki pengaruh yang begitu mendalam seperti Indonesia, segala hal yang berkaitan dengan soal agama selalu menjadi bahan perbincangan dan perdebatan yang hangat dan menarik: entah di forum terbatas seperti ruang kelas dan seminar, atau terbuka seperti media sosial. Bahkan, kerapkali perdebatan tentang isu-isu non-agama pun bisa mendadak berubah menjadi isu agama karena satu dan lain hal. Agama merasuk dalam semua bidang kehidupan masyarakat kita. Agama hadir di mana-mana, entah kita suka atau tidak. Mengabaikan satu kenyataan ini jelas kurang bijkasana.

Di media sosial, salah satu isu yang ramai menjadi bahan perdebatan juga sama:  isu-isu keagamaan. Perdebatan soal agama di ruang virtual ini mempunyai kekhasannya sendiri. Pertama, perdebatan ini terbuka untuk siapapun. Tak ada filter tertentu untuk menapis siapa yang berhak bicara, dan siapa yang tidak. Apa yang disebut otoritas nyaris absen di sini. Everybody can speak about and in the name of religion. Hanya “konsumen” lah yang akhirnya menjadi semacam juri atau hakim. Konsumen lah yang menentukan apakah sebuah pendapat yang disampaikan di media sosial itu masuk akal atau tidak. Sebuah pendapat keagamaan, walau disampaikan oleh tokoh agama, dan diberikan sokongan hujjah/argumentasi keagamaan yang “kokoh”, bisa saja menjadi sasaran bully dan ejekan kika menabrak nalar publik.

Contoh yang terbaik dan paling mutakhir adalah tweet-feed yang ditulis oleh mantan Menkominfo Tifatul Sembiring tentang hukuman bunuh bagai orang-orang LGBT.

Karena itu, dan ini adalah kekhasan kedua, perdebatan di media sosial selalu bersifat spontan, tanpa mengharuskan sebuah persiapan “akademis” tertentu. Di sini justru terletak daya tarik perdebatan soal agama di media sosial. Spontanitas diskusi di sana bisa membantu kita melihat bagaimana “wajah asli” pandangan keagamaan publik kita. Mulai dari pandangan keagamaan yang “bodoh” hingga yang terpelajar, semuanya tergambar di sana.

Dalam rangka memperingati ulang tahun Jaringan Islam Liberal yang ke-15, maka ada dua rangkaian acara yang akan kami hadirkan. Pertama, diskusi yang hendak mengangkat isu: Bagaimana agama dipahami oleh orang-orang yang saat ini aktif di media sosial; bagaimana agama diperdebatkan di ruangan digital ini; bagaimana agama menemukan ekspresinya yang khas dan unik di dunia virtual. Untuk diskusi ini, kami akan meminta dua sosok berikut ini, sosok yang juga kita kenal aktif di dunia media sosial, untuk menjadi nara sumber: Hasanudin Abdurakhman, pengamat untuk kajian sosial, agama dan kebudayaan yang aktif menulis di berbagai media, terutama media sosial. Diskusi juga akan menghadirkan Ulil Abshar Abdalla sebagai penanggap.

Masuk dalam rangkaian ulang tahun ini juga, Pidato Kebudayaan yang akan mengangkat tema: Agama Ideal di Masa Depan. Pidato Kebudayaan kali ini akan dibawakan oleh Ade Armando, seorang pakar komunikasi dan juga tokoh terkemuka yang memiliki perhatian cukup mendalam terhadap isu-isu keagamaan di Indonesia, yang juga mengelola Madina Online, sebuah portal online yang memberikan pencerahan bagi masyarakat Indonesia.

Diskusi dengan tema: “Religiusitas di Dunia Internet” akan berlangsung pada: Kamis, 31 Maret 2016, pukul 19.00 WIB di Teater Utan Kayu.

Adapun Pidato Kebudayaan: “Agama Ideal di Masa Depan” akan diselenggarakan pada: Jumat, 01 April 2016 pukul 19.00 WIB di Pisa Kafe Mahakam.

 

*Untuk Pidato Kebudayaan, mohon melakukan reservasi dengan mengirim SMS ke nomor: 0813-8977-2847

Details

Start:
March 31 @ 7:00 pm
End:
April 1 @ 6:00 pm
Event Categories:
,
Event Tags:
, , ,

Venue

Teater Utan Kayu
Jalan Raya Utan Kayu No 68H
Jakarta Timur, Indonesia

Organizer

Jaringan Islam Liberal

2 comments

  1. Thanks for another informative blog. The place else could I get that kind of information written in such a perfect means? I’ve a project that I’m simply now working on, and I’ve been on the glance out for such info.

  2. Great article, exactly what I needed.

Leave a Reply

Your email address will not be published.