Home » Page »

Loading Events

« All Events

  • This event has passed.

Naskah Ulama Nusantara Kontemporer

June 27 @ 6:00 pm - 9:00 pm

Green (3)

Tadarus Ramadan Jaringan Islam Liberal

Pada Muktamar NU yang ke-33 di Jombang yang lalu, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melontarkan ide yang kemudian menjadi bahan perbincangan di mana-mana, hingga sekarang, yakni menganai Islam Nusantara. Meski isi dan pengertian dari ide besar ini masih diperselisihkan di antara berbagai ulama dan sarjana Muslim di Indonesia (Apa itu Islam Nusantara), diskursus tentang Islam Nusantara ini semestinya menjadi momentum yang baik bagi sarjana dan publik Islam untuk memberikan perhatian pada teks-teks klasik yang ditulis oleh ulama yang hidup di kawasan Nusantara – mulai dari Aceh, Minangkabau, Jawa (termasuk Banten dan Cirebon), Makassar, hingga ke Bima.

Harus diakui dengan jujur bahwa perhatian yang diberikan oleh kalangan Muslim di Indonesia terhadap teks-teks Nusantara masih kalah jauh dibandingkan dengan perhatian yang begitu besar yang mereka berikan pada teks-teks Islam yang ditulis oleh ulama di Timur Tengah. Teks-teks ulama Nusantara, secara implisit, dipandang sebagai teks kelas dua, jika bukan malah kelas tiga. Di lembaga-lembaga pendidikan Islam, baik yang tradisional seperti di pesantren, maupun modern seperti universitas, perhatian pada –sebut saja— “teks-teks lokal” ini masih rendah.

Di sebagian kalangan kecil yang menaruh minat pada naskah-naskah Nusantara, perhatian pada teks-teks lokal ini sudah mulai muncul. Sejumlah tesis dan disertasi juga ditulis mengenai naskah-naskah Nusantara. Mereka yang mempunyai minat besar di bidang ini kemudian menghimpunkan diri dalam apa yang disebut Masyarakat Pernaskahan Nusantara (Manassa).  Tetapi, harus diakui bahwa perhatian pada teks-teks lokal ini masih terbatas sebagai “kesibukan kaum spesialis”, belum menjadi perhatian publik yang luas.

Meneruskan tradisi tahunan Jaringan Islam Liberal (JIL) yang setiap bulan Ramadan mengadakan Tadarus, tahun ini, JIL akan mengadakan kajian atas naskah-naskah yang ditulis oleh ulama Nusantara, baik dari era klasik (pra-modern) hingga era modern sekarang.

Tema: Naskah Ulama Nusantara Kontemporer

Pembicara: Saiful Umam & Ulil Abshar Abdalla

Waktu: Senin, 27 Juni 2016, pukul 18.00 WIB (diawali buka bersama)

Tempat: Teater Utan Kayu, Jl. Utan Kayu No.68H, Jakarta Timur.

Details

Date:
June 27
Time:
6:00 pm - 9:00 pm
Event Category:
Event Tags:
,

Leave a Reply

Your email address will not be published.