Home » Kajian » Hikam » Penderitaan Memperdalam Pengertian tentang Makna Hidup

Penderitaan Memperdalam Pengertian tentang Makna Hidup Hikam 8

4.8/5 (20)

Kesimpulan Ngaji Hikam ke-8

1. Mutiara Hikam yang ke-8 malam ini bisa kita sebut sebagai “filosofi penderitaan”. Bagaimana jika kita mendapatkan cobaan berupa penderitaan dalam hidup ini? Semua orang, dalam hidupnya masing-masing, tentu pernah mengalami penderitaan, besar atau kecil, ringan atau akut, sebentar atau lama. Tergantung.

Karena penderitaan merupakan fakta hidup yang tak terhindarkan, maka ajaran tentang penderitaan sangat penting. Ajaran tentang penderitaan mengajari kita agar kita menyikapinya dengan tepat dan benar, agar kita tak menderita dua kali. Sekurang-kurangnya, jika kita menyikap penderitaan secara tepat, kita hanya menderita sekali saja.

2. Apa makna penderitaan? Ibn Ataillah mengajarkan: Penderitaan adalah cara Tuhan mau mengenalkan diri (ta’arruf) lebih dekat kepada kita. Penderitaan adalah sarana menuju pendewasaan mental dan spiritual. Sama dengan ujian yang membuat kita naik kelas.

Kehidupan yang mulus-mulus saja, nir-penderitaan (kalau memang ada) sudah pasti kehidupan yang membosankan dan kosong makna. Karena itu, sambutlah penderitaan dengan perasaan gembira dan sikap yang positif.

Tetapi ini jangan dimaknai bahwa kita lebih baik menderita terus, tanpa berusaha untuk mencara solusi dan jalan keluar dari sana. Bukan itu yang dimaksudkan. Kita tetap diwajibkan mencari jalan keluar dari penderitaan kita. Jalan keluar itu justru dimudahkan jika kita bersikap positif terhadap sakit yang sedang kita derita.

Mari kita berdoa agar semua yang sedang dan menderita malam ini diringankan, dilekaskan kesembuhannya, dimudahkan jalan ikhtiarnya untuk mencari jalan keluar dari sana, dan diberikan kemampuan menghayati penderitaan sebagai jalan pendewasaan, jalan mengenal Tuhan secara lebih dekat.

Amin.

Selamat merayakan Hari Idul Adha. Sampai ketemu besok malam di Ngaji Hikam #9 dengan tema baru yang tak kalah menarik dengan tema malam ini.

Mari kita tutup Ngaji Hikam malam ini dengan hamdalah.

Silahkan nilai tulisan ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.